Samudra Ilmu Agama Islam

Islam Rahmatan Lil 'Alamin

Imunisasi

Posted by Administrator pada 11 Juni 2012

Pertanyaan dari Miftah Banyuwangi

Assalamu’alaikum..
Ustadz ana ingin bertanya tentang imunisasi ada yang mengatakan munisasi adalah upaya memberikan kekebalan pada bayi ada juga yang mengatakan ini katanya konspirasi, karena  munisasi menggunakan vaksin yang membahayakan.terus bagaimana sebenarnya imunisasi yang ada di indinesia saat ini menurut syari’at Islam? Syukron…..

 

Jawab :

Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Ada dua kaidah fiqih yang perlu kita pahami di sini :

Yang pertama : adalah kaidah اليقين لا يزول بالشك (keyakinan itu tidak hilang dengan sesuatu yang meragukan). Ungkapan kaidah ini bisa berbeda-beda dalam satu buku dengan buku yang lainya atau dari seorang ulama kepada ulama yang lain, Seperti :

  1. الثابت باليقين لا ينتقض إلا بيقين مثله (sesuatu yang tetap dengan keyakinan itu tidak dapat dibatalkan kecuali dengan keyakinan yang sepadan dengannya)
  2. ما ثبت بيقين لا يرفع إلا بيقين
  3. ما ثبت بيقين فلا يزول إلا بيقين مثله
  4. لا يرفع يقين بشك

Kaidah-kaidah tersebut di atas kurang lebih maknanya sama. Imunisasi sesuai dengan pengetahuan yang selama ini sampai kepada kita semua adalah sangat berguna untuk kepentingan si anak di kemudian hari. Berita yang seperti ini cukup meyakinkan kita semua. Informasi ini kita dapatkan dari kalangan medis, karena kita sendiri tidak mampu untuk melakukan penelitian di bidang ini. Dan tentu saja informasi ini sangat berguna untuk membangun sebuah fatwa dalam agama.

Contoh dari kaidah ini sangat banyak. Misalnya barang yang oleh masyarakat umum diketahui milik si fulan, kemudian pada suatu hari ada seseorang yang mengaku bahwa barang itu adalah miliknya. Selama seseorang itu tidak membawa bukti yang meyakinkan, maka klaimnya itu tidak dapat diterima sama sekali.

Sekarang banyak informasi yang seperti yang anda sebutkan. Tidak hanya yang seperti itu saja. Yang lain juga banyak. Diantanya adalah penggunaan Flouride dalam pasta gigi. Banyak informasi yang menyebutkan bahwa kandungan ini sangat berguna untuk menjaga agar gigi tetap bagus dan kuat. Karena itu banyak produk pasta gigi yang memasukkan kandungan ini ke dalam pasta gigi hasil produksinya. Bahkan dahulu pernah ada sebuah pasta gigi yang bernama Siwak F. Ini tidak lain karena menganggap foluride itu sangat berguna.

Tetapi belakangan ada banyak informasi di internet bahwa penggunaan foluride itu justru yang membuat gigi menjadi mudah keropos.

Dalam menyikapi permasalahan ini, tentu kalangan yang ahli di bidangnya yang lebih mengetahui yang sebenarnya. Itulah rahasianya mengapa kita disuruh untuk bertanya kepada orang-orang yang meahli di bidangnya, yang dalam istilah syari’at disebut : ahludz dzikri (sebuah nama yang tidak saja menunjukkan kapasitas keilmuan yang dimilikinya, tetapi juga mengandung makna bahwa pemilik pengetahuan itu adalah seseorang yang selalu mengingat Allah, takut kepada  Allah, dan selalu menghadirkan Allah dalam setiap ucapannya, tingkah lakunya, penelitiannya, praktek ilmunya dan lain-lain). Sebuah ungkapan yang sangat agung tentunya.

Jadi informasi tentang imunisasi yang berasal dari ahlinya dapat kita kategorikan sebagai sesuatu yang meyakinkan atau paling tidak mendekati keyakinan. Dan hal ini tidak dapat dibatalkan dengan sesuatu yang meragukan, kecuali jika informasi sebaliknya memiliki keyakinan yang serupa. Maka dalam hal ini kita diharuskan melakukan tarjih (menimbang dan memilih pendapat yang paling sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran). Tentu saja hal itu hanya boleh dilakukan oleh orang yang berkompeten di bidangnya.

Kaidah Fiqih yang kedua :

Bersambung ….

 

4 Tanggapan to “Imunisasi”

  1. Upik said

    Amalan amalan apa saja yang bisa menghapus dosa dosa besar selain bertaubat. dan bagaimana agar kita mendapat hidayah dari Allah. trimakasih

  2. […] Abah IwanTEORI HUMANISTIK CARL ROGERSarimasti's blogBerpolitik, KotorkahMembangun Petani Indonesia Modern dan ProfesionalTips Membaca Peluang: Bukan Berlian di antara PasirImunisasi […]

  3. bg said

    SUBHANALLAH..

  4. imunisasi said

    penting sekali mengunjungi blog menarik ini banyak informasinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: