Samudra Ilmu Agama Islam

Islam Rahmatan Lil 'Alamin

AKHIRNYA MUI HARAMKAN VAKSIN MENINGITIS

Posted by Administrator pada 8 Juni 2009

Sebelum membacan posting ini, terlebih dahulu posting saya sebelumnya Awas Vaksin Dari Bahan Haram. Dan setelah melalui kajian dan diskusi yang panjang, akhirnya Majlis Ulama Indonesia mengharamkan vaksin meningitis (radang otak) yang biasanya disuntikkan kepada para Jama’ah Haji yang hendak menunaikan ibadah ihram di tanah suci. Berikut ini adalah berita selengkapnya dari Jawa Pos, Minggu, 7 Juni 2009

Jakarta, Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang, Sidang Komisi Fatwa majlis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan vaksin meningitis (radang selaput otak) untuk jama’ah haji adalah haram.

Ketua Komisi Fatwa MUI Ma’ruf Amin mengatakan, keputusan itu merupakan hasil pertimbangan dan analisis fakta terkait vaksin tersebut : “Namun, keterangan yang paling kuat disampaikan Departemen Kesehatan yang mempertegas vaksin tersebut mengandung babi”, ujarnya ketika ditemui di kantornya kemarin (6/6).

Ma’ruf mengatakan, sejak keputusan itu ditetapkan, rencana jangka panjang untuk mencari masukan seputar vaksin tersebut dihentikan. Termasuk membatalkan rencana pergi ke Belgia guna menyaksikan langsung pembuatan vaksin meningitis. “Tidak ada lagi yang dibuktikan. Jadi kami urungkan niat ke Belgia”, katanya.

Ketua MUI KH Amidhan menambahkan, pihaknya segera menemui Dubes Arab Saudi untuk mempertanyakan alasan ketentuan wajib vaksin meningitis bagi jama’ah haji. Apabila hal tersebut merupakan kewajiban yang tidak bisa dihindari, Komisi Fatwa MUI agar segera bersidang untuk menetapkan fatwa. “Setelah mendapat kejelasan, dalam waktu singkat ditetapkan fatwanya, terutama khusus untuk jama’ah haji”, jelasnya.

Dia meragukan pernyataan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang  menjelkaskan tidak ada kandungan babi, karena enzim babi hanya digunakan untuk memisahkan bahan vaksin dari medianya. “Tidak mungkin tidak mengandung babi kalau medianya menggunakan enzim babi”, kata Amidhan.

Meski demikian, penggunaan produk haram vaksin meningitis masih diperbolehkan dalam keadaan darurat. Amidhan juga mendesak pemerintah segera mengusahakan alternatif vaksin karena keadaan darurat tidak bisa ditetapkan terus menerus”, tuturnya. “Hukumnya tetap haram. Tapi boleh dilakukan karena keterpaksaan. Sebab ibadah umrah dan haji berjalan terus menerus”, tuturnya. Pemerintah Arab Saudi memang mewajibkan vaksin meningitis kepada seluruh jama’ah yang melaksanakan ibadah umrah dan haji. (zul/oki)

Itulah berita lengkap dari JawaPos. Salut kepada MUI. Selamat berjuang. Tetapi bagaimana untuk vaksin-vaksin yang lainnya yang juga disinyalir mengandung bahan-bahan yang haram juga ? Bagaimana pendapat anda

Satu Tanggapan to “AKHIRNYA MUI HARAMKAN VAKSIN MENINGITIS”

  1. Usamah bin Zaid said

    Vaksin itu adalah program yahudi untuk melemahkan generasi muslim……
    Tidak ada jaminan dengan vaksin manusia tidak terkena penyakit
    Tidak ada jaminan manusia tanpa vaksin selalu terkena penyakit
    Yang penting mesti bisa-bisa menjaga kesehatan.

    Ingat! Allah menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya (jasmani dan ruhani) tinggal kita yang menjaga kesehatan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: