Samudra Ilmu Agama Islam

Islam Rahmatan Lil 'Alamin

SENJATA PAMUNGKAS PENGHANCUR SETAN

Posted by Administrator pada 24 Februari 2009

Di dalam kitab shahihnya, Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah yang terjemahan lengkapnya demikian : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam menyuruhku untuk menjadi wakilnya daala menjaga zakat Bulan Ramadlan. Maka datanglah seseorang kepadaku, dia berusaha untuk mengambil makanan. Maka aku memegangnya dan aku berkata : “Demi Allah, aku akan melaporkanmu kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam”.

Dia berkata : “Aku membutuhkan dan aku memiliki keluarga dan aku sangat fakir”. Dia berkata : “Maka aku melepaskannya”. Kemudian pada waktu pagi hari, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Wahai Abu Hurairah, apa yang diperbuat oleh tawananmu semalam tadi ?”. Dia berkata : “Aku berkata : “Wahai Rasulullah, dia mengeluhkan kebutuhan yang sangat dan keluarga yang banyak, maka aku merasa kasihan kepadanya dan melepaskannya”. Diaberkata : “Dia telah menipumu dan dia akan kembali”. Maka aku mengetahui bahwa dia akan kembali karena perkataan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallambahwa dia akan kembali. Kemudian aku mengintainya, maka dia datang mengambil makanan. Kemudian aku memgngnya dan berkata : “Aku akan melaporkanmu kepada Rasulullah. Dia berkata : “Biarkanlah aku. Aku membutuhkan dan keluargaku banyak. Aku tidak akan kembali”. Maka aku merasa kasihan kepadanya dan melepaskannya”. Pada waktu pagi, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Wahai Abu urairah, apa yang diperbuat tawananmu ?”. Aku berkata : “Wahai Rasulullah, dia mengeluhkan kebutuhan yang sangat dan keluarga yang banyak, maka aku meras kasihan kepadanya. Kemudian aku melepaskannya”. Dia berkata : “Dia telah berbohong dan dia akan kembali”. Maka untuk yang ketiga kalinya aku mengintainya. Maka datanglah dia , dan berusaha mengambil makanan. Kemudian aku memegangnya dan berkata : “Aku akan melaporkanmu kepada Rasulullah. Dan ini adalah yang terakhir kalinya kamu berjanji tidak akan kembali”. Dia berkata : “Lepaskan aku, aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kata yang dijadikan oleh Allah bermanfaat untukmu”. Aku berkata : “Apakah itu ?”. Dia berkata : “Jika kamu hendak tidur, maka bacalah ayat kursi sampai akhir. Maka sesungguhnya kamu senantiasa akan dijaga oleh penjaga dari Allah dan kamu tidak akan didekati setan sampai pagi”. Maka aku melepaskannya. Kemudian pada waktu pagi, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallamberkata kepadaku : “Apa yang diperbuat oleh tawananmu semalaman ?” Aku berkata : “Wahai Rasulullah, dia menyangka bahwa dia mengajariku beberapa kata yang akan dibuat bermanfaat oleh Allah kepadaku, maka aku melepaskannya”. Dia berkata : “Apa itu ?”. Aku berkata : “Dia berkata : “Jika kamu hendak tidur, maka bacalah ayat kursi dari awal sampai akhir. Dan dia berkata : “Kamu akan senantiasa dilindungi oleh pelindung dari Allah dan kamu tidak akan didekati oleh setan sampai pagi”. (Mereka para sahabat adalah orang-orang yang paling semangat kepada kebaikan). Maka Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallamberkaa : “Dia telah jujur kepadamu dan dia adalah pembohong besar. Apakah kamu tahu, siapakah yang kamu ajak bicara selama tiga hari ini, wahai Abu Huraira ?”. Dia berkata : “Tidak”. Dia berkata : “Itu adalah setan”. (HR Bukhari, I/812, no. 2187)

Hadits ini menjelaskan beberapa hal :

  1. Legatisan mewakilkan sesuatu urusan kepada orang lain.
  2. Wakil berhak untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu yang diwakilkan, tanpa harus konsultasi terlebih dahulu kepada orang yang mewakilkan. Tetapi sah da tidaknya perbuatannya tergantung kepada persetujuan orang yang mewakilkan.
  3. setan dapat berubah menjadi manusia dan dapat berbicara dengannya.
  4. setan memakan makanan yang sama dengan manusia, oleh karena itu agama mengajarkan kaum muslimin sebelum makan untuk membaca basmalah dan do’a agar setan tidak  dapat makan bersama dengan kita
  5. setan memiliki keluarga dan berketurunan
  6. kepercayaan yang mutlak dari seorang sahabat kepada Rasulullah dalam semua urusan.
  7. setan dapat ditangkap oleh manusia
  8. ayat kursi adalah senjata pamungkas manusia untuk menghancurkan setan
  9. Setan adalah pembohong besar, sekalipun dia jujur. Dia jujur sekali dan akan berdusta ribuan kali. Begitu pula agen-agen setan, yaitu para peramal dan dukun. Lihatlah para pasien “Jombang” itu. Satu yang sembuh, tapi ribuan yang tidak sembuh dan itulah tipudaya setan untuk mengelabuh manusia agar semuanya syirik kepada Allah
  10. Zakat yang dimaksud adalah zakat fitrah. Ini menunjukkan bahwa zakat fitrah itu boleh diambil sebelum hari raya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: