Samudra Ilmu Agama Islam

Islam Rahmatan Lil 'Alamin

AQIDAH AHLUS SUNNAH TENTANG MELIHAT ALLAH DI AKHIRAT

Posted by Administrator pada 3 Desember 2008

Ahlus Sunnah bersaksi bahwa kaum mukminin akan melihat Rabb mereka (pada hari kiamat) dengan mata kepala mereka, dan memandang-Nya sebagaimana dalam hadits shahih,

Diantaranya adalah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa ada beberapa orang yang bertanya kepada Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam : “Wahai Rasulullah, Apakah kami akan melihat Tuhan kami pada hari kiamat ?”. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam berkata : “Apakah kalian merasa payah ketika melihat bulan pada malam purnama ?”. Mereka berkata : “Ya, wahai Rasulullah”. Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Maka kalian akan melihatnya demikian”. Hadits ini diriwayatkan dengan lengkap oleh Bukhari dan Muslim.

 

Diriwayatkan dari Jarir bin Abdullah Al Bajali bahwa dia berkata : “Kami duduk-duduk bersama dengan Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, maka dia melihat ke arah bulan pada tanggal empatbelas. Maka dia berkata : “Sesunguhnya kalian akan melihat Tuhan kalan dengan jelas, sebagaimana kalian melihat ini. kalian tidak dihalangi dalam melihatnya”. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

 

Keserupaan yang dimaksud dalam hadits ini adalah cara melihatnya yang tidak mendapat kesulitan (berdesak-desakan), bukan bentuk yang dilihat (Allah dengan bulan purnama)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: