Samudra Ilmu Agama Islam

Islam Rahmatan Lil 'Alamin

ALLAH BER-ISTIWA’ DI ATAS ‘ARSY

Posted by Administrator pada 3 Desember 2008

Ahlul Hadits berkeyakinan dan bersaksi bahwa Allah subhanahu wa ta’ala berada di atas tujuh lapis langit, di atas ‘Arsy-Nya, sebagaimana dalam surat Yunus:

 إِنَّ رَبَّكُمُ اللّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ الأَمْرَ مَا مِن شَفِيعٍ إِلاَّ مِن بَعْدِ إِذْنِهِ ….

“Sesungguhnya Rabb kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy (singgasana) untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada keizinan-Nya” (Yunus:3)  

 

اللّهُ الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لأَجَلٍ مُّسَمًّى يُدَبِّرُ الأَمْرَ يُفَصِّلُ الآيَاتِ لَعَلَّكُم بِلِقَاء رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ

“Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Rabbmu”. (Ar-Ra’d: 2)

 

 ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ الرَّحْمَنُ فَاسْأَلْ بِهِ خَبِيراً  

“kemudian Dia bersemayam di atas Arsy, (Dialah) Yang Maha Pemurah, maka tanyakanlah (tentang Allah) kepada yang Maha Mengetahui” (Al-Furqan:59)

 

 ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ

“kemudian Dia-pun bersamayam di atas ‘Arsy”.(As-Sajdah:4)

 

 

إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ

dan kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik..”.(Fathir:10)

 

 يُدَبِّرُ الْأَمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الْأَرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ

“Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepada-Nya..”. (As-Sajadah:5)

 

 أَأَمِنتُم مَّن فِي السَّمَاء أَن يَخْسِفَ بِكُمُ الأَرْضَ فَإِذَا هِيَ تَمُورُ

“Apakah kamu merasa terhadap Allah yang di langit bahwa Dia menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga tiba-tiba bumi itu bergoncang”. (Al-Mulk:16)

 

Allah subhanahu wa ta’ala memberitakan tentang Fir’aun yang terlaknat, bahwasanya ia pernah berkata kepada Haman (pembantunya):

 

 وَقَالَ فِرْعَوْنُ يَا هَامَانُ ابْنِ لِي صَرْحاً لَّعَلِّي أَبْلُغُ الْأَسْبَابَ – أَسْبَابَ السَّمَاوَاتِ فَأَطَّلِعَ إِلَى إِلَهِ مُوسَى وَإِنِّي لَأَظُنُّهُ كَاذِباً

“Dan berkatalah Fir’aun: “Hai Haman, buatkanlah bagiku sebuah bangunan yang tinggi supaya aku sampai ke pintu-pintu, (yaitu) pintu-pintu langit, supaya aku dapat melihat Ilah Musa dan sesungguhnya aku memandangnya seorang pendusta…” (Al-Mu’min:36-37)

 

Fir’aun berkata demikian karena ia mendengar Musa mengabarkan bahwa Rabbnya berada di atas langit.

 

Para ulama dan tokoh imam-imam dari kalangan salaf tidak pernah berbeda pendapat, bahwa Allah ‘azza wa jalla’ berada diatas ‘arsy-Nya. Dan ‘arsy-Nya berada di atas tujuh lapis langit. Mereka menetapkan segala yang ditetapkan Allah, mengimaninya serta membenarkannya. 

 

Mereka menyatakan seperti yang Allah katakan bahwa Allah bersamayam di atas ‘Arsy-Nya. Mereka membiarkan makna ayat itu berdasarkan dzhahirnya, dan menyerahkan hakikatnya sesungguhnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Mereka mengatakan:

 

 آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِّنْ عِندِ رَبِّنَا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلاَّ أُوْلُواْ الألْبَابِ

“Kami mengimani, semuanya itu dari sisi Rabb kami. Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal”(Ali-‘Imran:7).

 

Sebagaimana Allah terangkan tentang orang-orang yang dalam ilmunya mengatakan demikian, dan Allah ridha serta memujinya.

 

Imam Malik pernah ditanya dalam majelisnya tentang ayat Allah:

 

الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى  

“Ar-Rahman bersemayam di atas ‘Arsynya”.(Thaha:5),

 

bagaimana caranya Allah bersemayam?. Maka Imam Malik menjawab:” Bersemayam itu maklum (diketahui maknanya), bagaimananya (caranya) tidak diketahui, menanyakan bagaimananya adalah bid’ah, dan saya memandang kamu (penanya) sebagai orang yang sesat, kemudian memerintahkan untuk mengeluarkan penanya tersebut dari majelis. 

 

Abdullah bin Al-Mubarak berkata: “Kami mengetahui Rabb kami berada di atas 7 lapis langit, bersemayam di atas ‘Arsy-Nya, terpisah dengan makhluk-Nya. Dan kami tidak menyatakan seperti ucapan Jahmiyyah bahwa Allah ada di sini, beliau menunjuk ke tanah (bumi)”. 1

 

Abu Bakar Muhammad bin Ishaq bin Khuzaimah berkata: “Siapa yang tidak menetapkan bahwa Allah subhanahu wa ta’ala berada di atas ‘Arsy-Nya maka dia kufur kepada Rabbnya, halal darahnya, diminta taubat, kalau menolak maka dipenggal lehernya, lalu bangkainya dicampakkan ke pembuangan sampah agar kaum muslimin dan orang-orang mu’ahad tidak terganggu oleh bau busuk bangkainya, hartanya dianggap sebagai fa’i (rampasan perang) -tidak halal diwarisi oleh seorang pun dari muslimin, karena seorang muslim tidak mewarisi harta orang kafir, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

 

“Seorang Muslim tidak mewarisi orang kafir dan orang kafir tidak mewarisi orang muslim” (HR. Bukhari) 

 

Dalam hadits Mu’awiyah bin Hakam, bahwa ia berniat membebaskan budak sebagai kifarat. Lalu ia bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menguji budak wanita. Beliau bertanya:”dimanakah Allah?”, maka ia menjawab di atas langit, beliau bertanya lagi:”Siapa aku?”, maka ia menjawab: “Anda utusan Allah”.2

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghukumi sebagai muslimah karena ia menyatakan bahwa Allah di atas langit.

                                                

Imam Az-Zuhri -imamnya para imam berkata: “Allahlah yang berhak memberi keterangan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berhak menyampaikan dan kita wajib pasrah menerimanya” 

 

Wahhab bin Munabbih berkata kepada Ja’ad bin Dirham: “Sungguh celaka engkau wahai Ja’ad karena masalah itu (karena Ja’ad mengingkari sifat-sifat Allah)!, seandainya Allah tidak mengkabarkan dalam Kitab-Nya bahwa Ia memiliki tangan, mata dan wajah, niscaya aku tidak berani mengatakannya, takutlah kepada Allah!” 

 

Khalid bin Abdullah Al-Qisri suatu ketika berkhutbah pada hari raya I’dul Adha di Basrah, pada akhir khutbahnya ia berkata: “Pulanglah kalian kerumah masing-masing dan sembelihlah kurban-kurban kalian-semoga Allah memberkahi kurban kalian. Sesungguhnya pada hari ini aku akan meyembelih Ja’ad bin Dirham, karena ia berkata: Allah tidak pernah mengangkat Ibrahim ‘alaihissalam sebagai kekasih-Nya, dan tidak pernah mengajak Musa berbicara. Sungguh Maha Suci Allah dari apa yang dikatakan Ja’ad karena kesombongan, maka Khalid turun dari mimbar dan menyembelih Ja’ad dengan tangannya sendiri, kemudian memerintahkan untuk disalib.

 

Catatan kaki :

4 Sanadnya Hasan

5 HR.Muslim dan lainnya

 

 

 

 

6 Tanggapan to “ALLAH BER-ISTIWA’ DI ATAS ‘ARSY”

  1. ankga said

    السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    ustad afwan…jikalau الله SWT bersemayam diatas arasy,mempunyai tangan,wajah,mata..berarti الله seperti makhluk donk…الله kan mukholafatu lilhawaditsi..tidak menyerupai makhluk…apakah dalam menterjemahkan ayat2 diatas,anda tidak memakai ilmu balaghoh???yang memakai makna tauriyatul Iham…Alqur’an bukan bahasa arab biasa..sebagaimana Dr.Zakir Naik berkata ” Alqur’an Adalah kitab yang paling sulit diterjemahkan didunia ini,karena bahasanya yang tinggi nan indah ” nah untuk menterjemahkan Al-qur’an jangan sembarangan , harus merujuk kepada tafsir2 ulama , sprt tafsir Al-imam Atthobari , Al-imam Jalalain , Al-Imam ibn katsir dsb..selain itu juga harus faham , ngerti , bahasa arab yang tinggi, serta syair2 arab kuno..supaya tergali makna yang sebenarnya…bukannya para ulama berkata
    من فسر القرآن برأيه فليتبوا مقعده من النيران
    sekian dari saya…semoga ustad dpt memahaminya..
    Syukron ustd…
    والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

  2. fauzi said

    terima kasih atas masukannya, jazakallah

  3. abuaghis said

    sebenarnya masalah ini bukanlah hal yang baru. para ulama telah membahasnya dari abad ke abad. yang jelas pemahaman para ulama salaf adalah mereka mempercayai adanya sifat-sifat khobariyah Allah tetapi tidak membahasnya secara detail. makna sesungguhnya diserahkan kepada Allah dengan tetap mensucikan Allah dari sifat makhluk.mereka tidak suka membahasnya karena termasuk sifat mutasyabihat.adapun para ulama kholaf memalingkan ke makna lain yang sesuai dengan kaidah bahasa Arab dan melihat munasabah ayat dengan ayat yang lainnya demi untuk mensucikan Allah dari makna yang tidak sesuai sehingga tidak terjadi adanya faham yang menjisimkan Allah.wallahu a`lam.

  4. ABU IKHSAN said

    assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
    masalah tsbt adalah masalah yg sudah jelas, Alloh tabaroka wata’ala bersemayam diatas arasy sebagaimana dikhobarkan oleh Alloh aja wazala dalam banyak ayatnya. adapun tentang kaifiatnya itu adalah hak Alloh yg maha suci dan pasti berbeda dengan seluruh makhluknya. kita hanya dituntut untuk mengimani apa2 yg telah dikhobarkan dalam Al-Qur’an secara keseluruhan tanpa harus mena’wil ma’nanya. kita yakini apa yg telah menjadi keyakinan Rosululloh dan para sahabatnya, karena merekalah yg lebih faham tentang Al-Qur’an dan tafsirnya.kadang saya heran kpd orang yg katanya ngaku madzhab imam syafi’i tapi tidak mengimani ayat2 yg menjelaskan tentang Alloh di atas arsy, padahal seluruh imam terutama imam yg 4 semuanya mengimani ayat tsbt sebagaimana redaksinya tanpa mena’wil atau merubah maknanya. wahai saudaraku fahamilah Al-qur’an sesuai dg apa yg difahami oleh Rosululloh dan para sahabatnya serta para ulama yg mengikuti jejak mereka dg baik. jangan menafsirkan Al-Qur’an dengan akal, logika atau perasaan. lihatlah tafsir para sahabat… wassallamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
    081574110022

  5. ABU IKHSAN said

    bismillah…
    sekedar info: untuk siapa saja yg hendak belajar kitab kuning/arob gundul, tapi tidak punya waktu untuk belajar secara langsung, insya Alloh ana bantu sesuai dg kemampuan ana supaya antum bisa belajar jarak jauh. sudah ana siapkan panduan yg sangat mudah dan praktis berupa 3 CD + 1 buah buku. bila minat silahkan hubungi ana kapan saja HP.081574110022

  6. ABU IKHSAN said

    BISMILLAH….
    AFWAN SEKEDAR INFO:
    UNTUK ANTUM YG BUTUH MADU INPOR DARI YAMAN KHUSUS KEJANTANAN DENGAN JAMINAN GARANSI, SILAHKAN HUBUNGI: 081574110022

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: